Jusuf Kalla

HMINEWS.COM- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengatakan kalau PMI berencana akan membangun 516 rumah bagi para korban Tsunami di Mentawai, Sumatera Barat. Rencananya bantuan aka direalisasikan sebelum Natal tiba. Pembangunan rumah ini akan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

“Untuk korban di Mentawai, PMI akan bantu membangun para korban di sana,” kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di kantor PMI, Jakarta, Rabu (10/11/2010).

Rencananya, PMI akan membantu membangun 516 rumah yang hancur dengan memberikan bantuan dana kepada masing-masing Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp5 juta dan sebagian bahan bangunan.

“Masing-masing KK akan diberi bantuan Rp5 juta, kemudian bahan bangunan seperti seng, bata, dan lain-lain,” urai JK. Namun  pihak PMI menyerahkan pembangunan kepada masyarakat sendiri. “Pembangunannya biar rakyat yang bekerja sendiri. Kita hanya menyiapkan bantuan dana,” beber JK.

Rencananya, PMI akan menggelontorkan bantuan tersebut sebelum Hari Natal nanti. Namun, kata JK bantuan PMI itu hanya recovery awal saja. “Jangka panjangnya tugas pemerintah,” tandasnya.(dni)