Alm. Soeharto

HMINEWS.COM- Bursa pencalonan gelar pahlawan yang juga akan diberikan kepada mantan Presiden Soeharto menuai pro-kontra. Meski begitu, mantan presiden itu kemungkinan besar tidak mendapat gelar pahlawan tahun ini. Dari sejumlah calon yang disodorkan ke Dewan Gelar Pahlawan, nama Soeharto tidak ikut masuk dalam penilaian.

“Ya benar, informasi yang saya dengar seperti itu. Tapi, kami belum mendapat surat keputusan yang resmi. Mungkin tanggal 11 November 2010,” kata Direktur Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Kementerian Sosial (Kemsos), Suyoto Sujadi, Selasa (9/11/2010).

Menurut Suyoto, sedianya gelar pahlawan akan diumumkan hari ini. Namun karena situasi nasional yang cukup sibuk, seperti masalah bencana alam dan ada kunjungan kenegaraan Presiden AS Barack Obama, kemungkinan pengumuman itu diundur.

Suyoto mengaku tidak tahu alasan pencoretan nama Soeharto dari penilaian Dewan Gelar. Menurut dia, itu hak dan wewenang anggota Dewan Gelar dan keputusan presiden.

“Tapi informasi memang enggak masuk kayaknya tahun ini. Tapi kita tunggu saja nanti pengumuman resminya,” tegas Suyoto.

Anggota Dewan Gelar Jimmly Asshiddiqie saat dikonfirmasi soal ini enggan berkomentar banyak. Namun dia memberikan informasi bahwa dari semua calon yang diajukan, ada yang tidak dinilai sama sekali tahun ini. []dtk/dni