Rektor IPB Periode 2007-2012 Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto

HMINEWS.COM- Rektor Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Herry Suhardiyanto, Jumat di Bogor mengemukakan, dekadensi atau kemerosotan moral yang dialami sebuah masyarakat, perlu diwaspadai, karena merupakan pertanda kemunduran dan kehancuran.

“Kita perlu mewaspadai fenomena kemerosotan moral di tengah masyarakat, karena akan mendorong bangsa ini secara perlahan-lahan ke arah kemunduran dan kehancuran,” ujar Prof Dr Herry Suhardiyanto.

Prof Herry Suhardiyanto menilai moralitas merupakan faktor penting bagi pembangunan identitas dan karakter masyarakat sebuah bangsa.

Menurutnya, penafian terhadap faktor moralitas akan menjadi petaka bagi perjalanan dan masa depan sebuah bangsa.

Dia mengingatkan, terdapat sejumlah tanda yang perlu diwaspadai, karena bila tanda-tanda tersebut telah ada, berarti sebuah bangsa tengah menuju siklus kemunduran dan kehancuran.

Tanda-tanda tersebut yaitu meningkatknya kekerasan di kalangan remaja. Kekerasan di kalangan remaja akan menyebabkan mereka kehilangan masa depan.

Tanda berikutnya yaitu penggunaan bahasa dan kata-kata yang buruk dan pengaruh “peer group” atau kelompok pertemanan yang kuat dalam tindakan kekerasan.

Peningkatan perilaku merusak diri seperti penggunaan narkoba, alkohol dan seks bebas juga sebagai fenomena kerusakan moral yang perlu diwaspadai.

Tanda-tanda selanjutnya yaitu berupa semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk, menurunkan etos kerja, semakin rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, serta menguatnya budaya ketidakjujuran.

Oleh karena itu, IPB mengajak agar para pemangku kepentingan memperhatikan pengembangan karakter masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya kemerosotan moral.[]ant/ian