Obama: Yagyakarta Kota yang Cantik dan Mempesona

HMINEWS.COM- Secara pribadi Presiden Barack Obama mengakui Jakarta sudah banyak perkembangan. Tak hanya soal gedung-gedung yang makin tinggi dan bertambah, Obama juga mengakui Jakarta sudah tidak macet lagi. Fenomena ini tentu sangat jauh berbeda pada 40 tahun silam di mana Obama waktu itu tinggal di Menteng, Jakarta.

“Saat ini kondisi jalan di Jakarta berbeda. Lalu lintas tidak macet,” ucap Obama saat menggelar jumpa pers bersama Presiden SBY di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/11/2010).

Sontak pernyataan Obama ini disambut senyum oleh Presiden SBY, yang sepertinya ingin menjelaskan bahwa kemacetan tidak terjadi karena rombongan Obama dikawal oleh petugas kepolisian. Tentu saja, itu juga untuk mencairkan suasana. “Tentu saja karena saya dikawal,” tegas Obama.

Kendati demikian, Obama melihat transportasi di Indonesia cukup pesat. Terbukti sudah tidak ada lagi angkutan tradisional seperti bemo dan becak. “Dulu ada becak dan bemo. Tadi sudah tidak saya temukan lagi.”

Menurutnya, Indoenesia adalah negeri yang indah dan mempesona. Ia menegaskan kunjungannya diharapakan bisa mempromosikan Indonesia kepada dunia luar. Sebab, masih banyak orang yang belum tahu keindahan Indonesia. Obama mencontohkan, Yagyakarta sebagai kota yang cantik dan mempesona.

Ia juga menyatakan terpesona kepada Bali. “Lain kali saya akan datang bersama istri dan anak-anak saya berkunjung ke Bali,” janji Obama.[]rima