HMINEWS.COM- Pasca kunjungan dari Jogja dan Jawa Tengah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pagi tadi pukul 10.00 Wib terbang dari Bandar Udara Ahmad Yani Semarang menuju Jakarta. SBY dan ibu negara Ani Yudhoyono beserta rombongan terbang menggunakan pesawat kepresidenan Boeing 737-500 milik Garuda Indonesia. setelah tiba di Jakarta, agenda SBY selain istirahat juga memantau persiapan penyambutan Presiden AS Barack Obama.

SBY pulang dari Semarang setelah menginap di Jawa Tengah dan Jogjakarta guna memantau perkembangan letusan Merapi yang menelan ratusan korban jiwa tersebut. Sebelum terbang ke Jakarta, Senin (8/11), SBY melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah menterinya terkait penangan bencana di tanah Jawa itu.

Agar satu komando, SBY menunjuk Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif sebagai pemegang kendali proses tanggap darurat pascaletusan Merapi.

Turut  mendampingi SBY, antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Kapolri Komjen Timur Pradopo.

Selain istirahat sejenak di Jakarta pasca kunjungan dari Jogja dan Jawa Tengah, SBY akan memantau persiapan penyambutan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Pantauan JPNN, jalan-jalan di ibukota mulai dijaga ketat oleh tim gabungan Polri dan TNI. Selain itu, sejumlah unjukrasa penolakan kedatangan Obama mulai tampak, seperti di depan Kedubes AS di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. []jpnn/dni