General Assembly of World Assembly of Youth

HMINEWS- General Assembly of World Assembly of Youth (WAY) ke-15 yang berlangsung sejak 21 November 2010 di Putri Resort, Malaka, Malaysia, merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi pemuda interasional yang beranggotakan 120 organisasi nasional kepemudaan dari seluruh dunia.

Pada hari Rabu (24/11) siang waktu Malaka, Sidang Umum WAY memasuki agenda akhir persidangan yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta penetapan rekomendasi dan kegiatan. Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia, akhirnya terpilih sebagai Wakil Presiden Pemuda Dunia mendampingi Presiden terpilih asal tuan rumah Malaysia, Datuk Idris Haron, untuk memimpin organisasi WAY periode 2010-2014.

Dalam pemilihan yang berlangsung dengan mekanisme voting, Ahmad Doli Kurnia mengalahkan perolehan suara kandidat wakil presiden dari enam negara lain yaitu, Korea Selatan, Yaman, Bangladesh (Asia), Macedonia (Europe), Nigeria, dan Namibia (Africa). Menyambut kemenangan tersebut Doli menyampaikan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan oleh anggota WAY kepadanya. Menurut Doli, hasil ini merupakan bukti bahwa pemuda Indonesia tetap diperhitungkan dalam kancah pemuda internasional.

“Ini adalah sebuah kepercayaan besar dari anggota WAY bagi Indonesia dan KNPI. Amanah ini akan saya jalankan sebaik-baiknya untuk memajukan eksistensi pemuda Indonesia dikancah internasional, memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia melalui organisasi pemuda internasional dan mendorong implementasi isu-isu strategis yang diperjuangkan oleh DPP KNPI.” ujar Doli usai agenda pemilihan Presiden dan Wakil Presiden WAY.

Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia juga menjelaskan bahwa Sidang Umum Pemuda Dunia (General Assembly of WAY) telah memutuskan sejumlah agenda dan isu penting yang juga diusulkan oleh delegasi DPP KNPI. Indonesia terpilih dan dipercaya sebagai Vice President karena sejak awal General Assembly ini dibuka sangat aktif menyampaian visi dan agenda-agenda dunia yang harus menjadi pandangan dan program pemuda di seluruh dunia. Dalam forum itu, DPP KNPI juga mendapatkan sambutan luar biasa dari para peserta terhadap perjuangan delegasi Indonesia dalam mengangkat dan memasukkan isu tentang Climate Change menjadi isu utama dalam General Assembly kali ini.

“Melalui forum ini, DPP KNPI juga memperjuangkan beberapa isu strategis agar dimasukkan sebagai isu utama pemuda dunia. Indonesia menyampaikan video presentasi terbaik di forum ini, bahkan saya kira yang terbaik selama saya mengikuti dua kali General Assembly. Saya kira karena itu juga yang membuat para peserta memberikan dukungan kepada kita sebagai Vice President. Bahkan DPP KNPI mendapatkan rekomendasi resmi dan ditunjuk oleh WAY menjadi officially representative of WAY untuk membangun komunikasi dengan United Nation (PBB) terkait dengan isu Climate Change.  ” ungkap Doli.[]dni