Kapolri, Timur Pradopo

HMINEWS.COM- Keluarnya  terdakwa mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan dari rutan, jelas menjadi soroton publik terhadap kinerja Polri.  Pasalnya selain keluar untuk berobat, Gayus juga plesiran ke Bali. Hal ini dikuatkan dengan beredarnya  foto pria yang diduga mirip Gayus tengah menyaksikan turnamen tenis di Bali. Merasa terusik dengan kabar tersebut,  Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menanyakan langsung hal ini ke Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo.

“Soal Gayus saya sempat tanya Kapolri, beliau malah geleng-geleng. Beliau mengisyaratkan sebenarnya nggak tahu tapi kena imbas,” kata Priyo kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/11/2010).

Setelah melihat reaksi intrapersonal Kapolri, Priyo meminta Polri mengusut tuntas kasus “bebasnya” Gayus dari jeruji sel.  “Jadi saya bilang ke Kapolri memang harus ada tindakan konkret manakala ada aparat polisi atau siapapun harus ada yang bertanggung jawab. Kalau tidak akan ada risiko yang kurang baik pada saat pertama memimpin kepolisian,” kata Priyo pada Kapolri.

Dalam kesempatan itu Timur berjanji akan mengusut tuntas kasus Gayus yang diduga melibatkan perwira di Polri. “Saya senang jawaban beliau akan tindak tegas kalau ada aparat yang lalai. Saya menyarankan hal yang sama karena jaga reputasi mahal harganya,” ujar politisi Partai Golkar itu.[]okz/dni