Busyet, CIA Jadi Pelindung Nazi

HMINEWS.COM- Terungkap sebuah dokumen rahasia yang menyatakan Biro Intelijen AS (CIA) ternyata memberi perlindungan kepada Nazi. Dokumen itu, sebagaimana dilansir Telegraph, ditulis pada 2006 lalu dan dirahasiakan oleh Kementerian Hukum AS. Laporan setebal 600 halaman itu dideskripsikan sebagai kolaborasi Washington dengan para penyiksa atau collaboration with persecutors.

Agen dari Kantor Penyelidikan Spesial (OSI) di kementerian tersebut yang memang memburu Nazi, menyatakan para penjahat perang itu diberi izin masuk ke AS. Meski pemerintah tahu apa yang mereka lakukan di masa lalu.

Amerika yang menyatakan diri sebagai tempat untuk berlindung bagi para korban (Nazi) yang tersiksa, ternyata juga memberikan perlindungan bagi para penyiksanya, demikian laporan tersebut.

Laporan yang secara eksklusif diperoleh New York Times itu detil kasus para pengikut Nazi yang diberi pertolongan oleh agen intelijen Amerika. Misalnya Otto von Bolschwing, rekan Adolf Eichmann yang ingin memusnahkan Yahudi dari Jerman. Pada 1954, CIA memberinya perlindungan.

Namun pada 1981, pemerintah AS berusaha mendeportasi von Bolschwing kembali ke Jerman. Sayang, ia meninggal dunia pada tahun yang sama. Beberapa kasus lain juga terungkap dalam laporan tersebut.

Pada Perang Dunia II, Nazi di Jerman dikenal dengan sikap anti-Yahudi dan berusaha membasmi ras tersebut dari muka bumi. Pembantaian Yahudi oleh Nazi yang diklaim menelan enam juta jiwa, dikenal sebagai peristiwa holocaust.[]inilah/dni