Tolak!! Privatisasi / IPO PT. Krakatau Steel Tbk

HMINEWS.COM- Rencana pemerintah SBY melalui Kementrian BUMN untuk melakukan privatisasi / penjualan saham PT. Krakatau Steel Tbk dengan harga murah mulai mendapatkan perlawanan sengit dari tokoh masyarakat & DPR RI.

Adalah Fraksi PAN di DPR RI & sekaligus pendiri Partai PAN, H. Amien Rais yang membongkar praktek yang diduga ‘kongkalikong’ pejabat terkait. Konon penjualan murah ini tanpa melalui persetujuan pihak2 yang dianggap bertanggungjawab terhadap proses privatisasi ini. Termasuk Presiden SBY yang dalam beberapa waktu terakhir disibukkan oleh kegiatan Kenegaraan & penanganan bencana alam di berbagai daerah.

“Ada rencana menjual saham Krakatau Steel yang ditengarai amat sangat janggal dan amat sangat murah. Jadi, ini cerita Indosat seri kedua,” ujar Amien kepada para wartawan di sela-sela pelantikan pengurus DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (31/10/2010) di Yogyakarta.

Karena itu, ia memerintahkan Wakil Ketua Umum Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN di DPR RI Tjatur Sapto Edi meledakkan kasus tersebut. “PAN akan ledakkan kasus ini,” tegasnya. (kompas.com)

Rendahnya harga jual per lembar saham PT Krakatau Steel dalam penawaran saham perdananya (IPO/Initial Public Offering) mengundang banyak pertanyaan. Termasuk, siapa yang kira-kira akan diuntungkan dengan harga murah tersebut?

“Yang diuntungkan ya saya kira orang-orang yang dekat dengan pengambil keputusan. Kami tengarai akan memborong saham ini,” ungkap Ketua Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara di Gedung DPR RI, Senin (1/11/2010) (Kompas.com).

Wah…praktek kongkalikong ini harus kita lawan! Agar kasus Indosat Jilid II dimana asset Negara paling berharga justru jatuh ke Negara Tetangga, Singapura.

Bukan rahasia lagi, Singapura dengan kekuatan asset financial yang dimiliki melalui BUMN Investasinya, Temasek Holding Inc adalah perusahaan yang telah banyak mengambilalih asset-aset di Indonesia yang dijual dengan harga ‘receh’.[rony