Al Qaida di Yaman “Ciptaan Barat”

HMINEWS.COM- Perdana Menteri Yaman Ali Muhammad al-Mujawar Sabtu mengatakan bahwa Al Qaida sesungguhnya adalah kelompok  buatan Barat dan tidak pernah dibentuk di negaranya, kata kantor berita negara Saba.

Pernyataan perdana menteri disampaikan dalam pertemuan dengan para duta besar negara-negara Asia dan Afrika untuk Yaman di ibu kota Sanaa, guna mengklarifikasi sikap Yaman terhadap pihak-pihak yang berpropaganda negatif terhadap negaranya berkaitan dengan bom paket yang dikirimkan ke Amerika Serikat pekan lalu.

“Al Qaida sebenarnya adalah kelompok buatan Barat dan tidak pernah dibentuk di Yaman, seperti yang dituduhkan oleh pihak-pihak yang  mempropagandakan pandangan itu sebagai pandangan internasional mengenai Yaman,” kata Saba mengutip pernyataan Mujawar.

Al Qaida yang berpangkalan di Yaman di Jazirah Arab (AQAP) pada Jumat mengaku bertanggungjawab terhadap bom paket yang ditargetkan kepada AS itu.

Kantor berita itu mengatakan, AQAP juga berada di balik upaya mencelakakan sebuah pesawat kargo UPS dengan meledakkan salah satu paket eksperimen bom di pesawat segera setelah lepas landas dari Bandar Udara Internasional Dubai pada 3 September 2010.

Menurut Saba, Mujawar menyerukan masyarakat internasional untuk mendukung pemerintahnya terus berupaya untuk memerangi sayap Al Qaida regional.

Yaman telah mengerahkan upaya untuk mengekang kelompok teroris, yang menimbulkan kekhawatiran keamanan internasional lagi setelah dua bom paket yang ditemukan pada penerbangan kargo AS dari negara Semenanjung Arab pekan lalu.[]ant/dni