Jakarta, HMINEWS.Com – Upaya untuk menciptakan pemikir-pemikir Islam yang besar dikemudian hari yang berasal dari pelajar dan mahasiswa Indonesia ternyata menjadi tujuan dari lembaga pendidikan Islamic College. Hal sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Islamic College (IC) Jakarta, Prof. Dr. Seyyed Ahmad Fazeli  dalam keterangan persnya di kampus IC Jakarta, setelah menerima kunjungan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. KH. Umar Shihab (25/11/10).

Kunjungan Ketua MUI. Prof.Dr. KH.Umar Shihab ke Islamic College Jakarta dalam rangka silaturahmi dalam membangun ukhwah Islamiyah dan memberikan kuliah umum di Islamic College Jakarta. Hal ini merupakan sebuah pertanda bahwa Islami College merupakan sebuah Institusi Islam di Indonesia yang penting untuk dilirik karena menempati ruang yang strategis dalam pengembangan nuansa Islam di Indonesia dimasa depan.

Menurutnya, menuntut ilmu adalah kewajiban dalam Islam baik untuk laki-laki maupun perempuan. “kita ingin memfokuskan diri pada upaya untuk penanaman ilmu itu secara hakiki, bukan hanya sekedar kontek dia mampu memahami, mampu membaca dan lain sebagainya. Tujuan kita disini adalah untuk menghasilkan para pemikir-pemikir Islam atau mujtahid-mujtahid yang itu tentu memberikan satu perubahan besar,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, dia memaparkan bahwa kondisi perkembangan dunia pendidikan saat ini tidak hanya berbicara kuantitas, tapi juga kualitas. Islamic College tidak hanya ingin mencetak pemikir Islam yang menguasai satu bidang ilmu, tapi semua bidang ilmu. “kita ingin mencetak pemikir-pemikir atau mujtahid-mujtahid Islam yang mampu menguasai seluruh bidang keilmuan dalam Islam,”. Ujarnya.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Islamic College untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mendatangkan para ulama-ulama besar di Indonesia. “Umar Shihab merupakan salah satu ulama besar di Indonesia. Kita harapkan beliau dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa-mahasiswa kita. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa kita untuk bertemu dengan ulama-ulama besar di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua MUI, Prof. Dr. Umar Shihab, menilai bahwa pendidikan Islam sudah cukup baik di Indonesia. Hanya perlu peningkatan di beberapa hal. Terutama dalam aspek bahasa. “perlu ditingkatkan, terutama dalam bidang bahasa arab dan bahasa Inggris. Jika seseorang ingin meneliti tentang Islam, maka harus bisa bahasa Arab”, ujarnya setelah memberikan kuliah dihadapan mahasiswa Islamic College Jakarta.

Umar Shihab pun meminta kepada seluruh mahasiswa, bahwa kunci keberhasilan dalam pendidikan Islam adalah keserius dan niat yang baik. “yang paling penting bahwa semua anak didik itu serius belajar dan juga niat yang suci,” demikian pesannya kepada seluruh mahasiswa Islamic College. [adi].