Anugerah Jurnalistik Adinegoro

HMINEWS.COM- Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2008-2013 kembali akan memberikan Anugerah Adinegoro sebagai apresiasi yang tinggi terhadap karya jurnalistik di Indonesia sepanjang tahun 2010.

Anugerah Adinegoro akan diberikan kepada karya jurnalistik terpilih yang meliputi  karya tulis, foto jurnalistik, tajuk rencana/opini, karikatur opini, karya jurnalistik radio, dan karya jurnalistik televisi.

Selain itu juga disediakan penghargaan khusus Jurnalistik Inovasi masing-masing untuk kategori karya jurnalistik infotainment dan jurnalisme berinternet (cyber journalism). Penghargaan akan diberikan dalam bentuk trophy dan hadiah uang bernilai total Rp 320.000.000,-.

Pengumuman pemenang dan penghargaan akan diserahkan pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2011 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Panitia pelaksana mengundang seluruh wartawan Indonesia yang masih aktif menjalankan tugas jurnalistiknya untuk berpartisipasi dalam apriasiasi atas karya mereka dengan cara mengirimkan karya-karya unggulan sesuai kriteria yang u. Panitia juga secara aktif menelisik karya jurnalistik yang memenuhi kriteria untuk disertakan dalam seleksi awal hingga pada tahap penilaian dewan juri.

Karya jurnalistik yang akan dinilai meliputi :

1.      Jurnalistik tulis berupa laporan jurnalistik berkedalaman (in depth reporting), khusus untuk media cetak

2.      Karya jurnalistik foto (foto berita) untuk media cetak

3.      Karya jurnalistik radio (in depth reporting).

4.      Karya jurnalistik televisi (in depth reporting).

5.      Karya karikatur opini.

6.      Karya tajuk rencana/opini terbuka untuk semua jenis media.

Untuk penghargaan khusus Jurnalisme Inovasi meliputi:

1. karya jurnalistik infotainment

2.      karya jurnalistik berinternet/cyber journalism.

Seluruh karya memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Mengandung bobot materi (berkedalaman dan komprehensif, mengandung kelengkapan data, fakta, kekuatan argumentasi, , dan materi lainnya).
  2. Teknik penyajian (sistematika dan komposisi penulisan yang runtut dan mengalir, sesuai dengan etika jurnalistik).
  3. Menggunakan bahasa Indonesia Jurnalistik yang baik dan benar (kejelasan ungkapan kata meliputi tata bahasa sesuai EYD, diksi yang tepat, serta rasa dan logika bahasa yang menarik).
  4. Persyaratan teknis disesuaikan dengan kategori karya (radio, televisi, foto, karikatur, infotainment dan cyber journalism)

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi ”Panitia Anugerah Jurnalistik Adinegoro” (Lt. 4 Gedung Dewan Pers Jln. Kebon Sirih No. 34, Jakarta Pusat 10110).[]dni