HMINEWS.COM

 Breaking News

UWRF 2010: Ketika Para Penulis Dunia Berkumpul di Bali

October 09
18:41 2010

Bali, HMINEWS.COM- Ubud Writers and Readers Festival 2010. Acara tahunan yang mempertemukan penulis dan pembaca dari seluruh dunia ini telah berlangsung untuk yang ke tujuh kalinya. Festifal kali ini mengambil tema Bhineka Tunggal Ika. Ubud sebagai kampung budaya dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung khususnya yang beasal dari luar bali. Acara ini berlangsung dari tanggal 6-10 oktober 2010 Festival ini dibuka oleh gubernur bali, Made Mangku Pastika, dengan memukul gong tanda Festival dimulai.

Bagi para peserta dari luar negeri khususnya, selain menambah cakrawala tentang dunia kepenulisan, Festival ini dijadikan sebagai ajang rekreasi, dengan kebudayaan bali yang kental, para peserta terkadang disuguhi dengan upacara adat penduduk setempat. Tentunya infrastruktur atau rumah adat bali juga menjadi bagian yang tak bisa dilewatkan oleh para pengunjung.

Banyak hal yang sajikan dari festival ini, selain diskusi atau workshop, festival ini menampilkan berbagai pertunjukkan, mulai dari pembacaan karya sampai dengan pagelaran musik dan pertunjukkan teater dan tari.

Penggagas Festival ini, Janet Denevi, mengatakan bahwa dari tahun ketahun, antusisme masyarakat (dunia) terhadap festival ini semakin meningkat. Memang masih banyak hal yang belum terfasilitasi, misalnya tentang penerjemah berbagai bahasa. Sejauh ini bahasa myang digunakan hanya bahasa inggris dan bahasa indonesia. Namun demikian tidak mengurangi kemeriahan festival ini.[]

Reporter budaya HMINEWS Ayat Muhammad, melaporkan langsung dari lokasi

 

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.