Anggota HMI Manado Galang Dana untuk Wasior

HMINEWS- Banjir bandang di Wasior, Papua Barat, masih menyisakan kesedihan bagi warga yang kehilangan anggota keluarganya. Data Pusat Penanggulangan Krisis Kemenkesper 16 Oktober 2010, korban hilang tercatat 157 orang. Demikian juga korban tewas, dipastikan saat ini ada 155 orang serta puluhan lainnya luka-luka.

Sementara itu untuk jumlah pengungsi, total yang berada di Wasior saat ini berjumlah 2.652 jiwa. Lalu di Kodim 1.237, BLK 1.246 dan Nabire ada 355 jiwa.

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Pusat sebelumnya merilis, gejala penyakit malaria mulai menjangkiti sejumlah korban banjir bandang di Wasior, Papua Barat. Sedikitnya 10 orang korban banjir sudah terserang malaria.

Mahasiswa Galang Bantuan

Seiring dengan semakin bertambahnya beban yang diderita oleh para korban, beberapa aktivis mahasiswa melakukan aksi penggalangan dana yang diperuntukkan bagi para korban. Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam terlihat melakukan aksi penggalangan dana di bebera kota seperti Jayapura, Manado, Majene, dan Pekanbaru. Mereka mengedarkan kotak amal di perempatan jalan, toko, dan tempat-tempat ibadah.

“Kami tergerak atas musibah yang menimpa kami, dan inilah yang bisa kami lakukan”, demikian kata Amas Mahmud, ketua HMI Cabang Manado.

Hal tersebut diiyakan oleh ketua HMI Cabang Jayapura, “kami mengusulkan kepada pimpinan pusat kami di Jakarta, lalu beliau menginstruksikan penggalangan dana secara nasional, dan inilah apa yang bisa kami lakukan.

Tercatat beberapa cabang dilingkungan HMI sudah mengirimkan hasil penggalangan dananya dan akan segera diserahkan kepada korban melalui koordinasi pengurus besarnya.

“Namun demikian kami masih terus menerima sumbangan dari para simpatisan, berapapun jumlahnya”, kata Burhan yang ditunjuk oleh pengurus besar HMI sebagai koordinator nasional penggalangan dana untuk Wasior.

“Silahkan salurkan sumbangan Anda melalui rekening kami di Bank Mandiri No. Rek : 124 000 569 9807 a.n. YPB HMI”, demikian burhan mengajak dermawan sekalian untuk meringankan beban para korban Wasior. [] lara