Mahasiswa, Buruh, LSM Siap Ramaikan Jakarta, Lengserkan SBY-BOED?

HMINEWS.COM- Besok, rencananya ada sekitar tiga ribu orang yang meramaikan Jakarta melalu aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati satu tahun pemerintahan SBY-Boediono. Mereka terdiri dari berbagai elemen masyarakat dari berbagai latar belakang seperti Mahasiswa, Buruh, LSM dll. Adapun oraganisasi mereka adalah Petisi 28, KoNTRAS,  BEM se-Indonesia, Serikat Buruh, Bendera dan Repdem. Polisi sudah menyatakan kesiapannya dalam mengawal aksi unjuk rasa tersebut

“Pada prinsipnya Polda Metro Jaya bersama jajaran telah menyiapkan rencana pengamanan untuk kegiatan unjuk rasa atau penyampaian pendapat di muka umum,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Boy Rafli Amar kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta Selasa (19/10/2010).

Menurut Boy ada beberapa titik yang menjadi tempat unjuk rasa, dimana ribuan demonstran itu tersebar di 10 titik lokasi antaranya di Bundaran Hotel Indonesia, di depan Istana Merdeka, kantor Wakil Presiden, depan Gedung DRP/MPR, gedung Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Polda Metro Jaya sendiri telah menyiapkan 19 ribu personel pengamanan yang disebar ke lokasi demo. Namun, mereka akan diterjunkan secara bertahap.Adapun petugas yang akan diturunkan untuk mengamankan para pendemo terdiri dari personil  Satuan Brimob, Samapta, Dalmas dan Satuan Reserse. Selain itu, polisi juga menyediakan kendaraan taktis serta kawat berduri di sejumlah titik yang rawan seperti di depan kawasan Istana Merdeka dan gedung DPR/MPR.

Sementara itu, pengalihan arus akan diterapkan secara situasional. “Jika situasinya menghendaki atau katakanlah membutuhkan pengalihan arus yang sifatnya untuk mencegah terjadinya penumpukan, kita alihkan,” katanya.[]dtk/dni