Doha, Qatar, HMINEWS- Ahli hukum internasional dan para pengacara yang mewakili korban Gaza kemarin (25/10) mengumumkan pembentukan “Flotilla Justice Group” (Kelompok keadilan Flotilla). Terbentuknya grup tersebut sebagai hasil dari pertemuan dua hari yang diadakan pada tanggal 23 dan 24 Oktober, yang bertujuan untuk mengkoordinasikan tindakan hukum atas Israel yang bertanggung jawab pada serangan kapa Freedom Flotilla, 31 Mei 2010.

Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Fakhoora Campaign yang berbasis di Doha, Qatar. Sekitar 70 perwakilan dari 20 negara hadir untuk menindaklanjuti pertemuan para pengacara sebelumnya yang diadakan di Istanbul tanggal 15 Juli 2010.

Bettahar Boudjellal, seorang ahli HAM dari Qatar berbasis mengatakan, “serangan Israel pada armada Freedom Flotilla adalah pelanggaran hak asasi manusia dan dan hukum internasional. Upaya kami untuk mengkoordinasisan tindakan-tindakan hukum ini akan memungkinkan kami untuk secara kolektif membawa negara Israel ke pengadilan. Lebih penting lagi, hal ini akan menjadi landasan kuat untuk mengantisipasi kemungkinan kekerasan Israel pada masa mendatang.”

Pertemuan tersebut dipimpin oleh tokoh terkemuka dari gerakan melawan kekerasan Israel di Gaza yang saat ini sudah meluas. Peserta terdiri dari perwakilan negara-negara seperti Bahrain, Belgia, Bosnia Herzegovina, Kanada, Mesir, Prancis, Yunani, Indonesia, Italia, Yordania, Kuwait, Macedonia, Belanda, Pakistan, Palestina, Spanyol, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Yaman.

“Terbentuknya Flotilla Justice Group adalah langkah maju membawa Israel bertanggung jawab atas serangan pada armada kami, serta penindasannya terhadap rakyat Palestina” kata salah seorang dari perwakilan Freedom.

Adapun beberapa organisasi yang berpartisipasi dalam konferensi diantaranya adalah Turki Insan Hak ve Yardım Hürriyetleri Insani Vakfı (IHH), Free Gaza Movement, Kampanye Eropa untuk Mengakhiri Pengepungan di Gaza (ECESG), Dewan untuk Kesepahaman Arab-Inggris (CAABU), yang Elmadag Law Firm dari Turki, Mazlumdar – Asosiasi Hak Asasi Manusia Turki, kantor pengacara Hickman and Rose yang bermarkas di Inggris, Ship to Gaza – Yunani, Ship to Gaza – Swedia, Tim Pengacara Muslim Indonesia, Asosiasi Pengacara Muslim – Afrika Selatan, dan lain-lain. [] lara