PRESIDEN SBY

HMINEWS.COM- 1 Oktober atau tepatnya Jumat ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memperingati hari kesaktian pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur. SBY direncanakan menjadi  inspektur upacara pada Hari Kesaktian Pancasila tahun ini.

Acara akan berlangsung pada pukul 08.00 WIB. bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.  Upacara ini akan dihadiri oleh sejumlah menteri, Kapolri, Panglima TNI dan pejabat MPR/DPR.

Demikian dikatakan Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha saat dihubungi detikcom, Kamis (30/9/2010).  “Presiden besok (hari ini)  akan menjadi inspektur upacara”

Walaupun benyak pendapat yang mengatakan, seperti ahli sejarah,  Presiden tidak harus memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, namun karena ini sudah menjadi agenda rutin, maka Presiden tetap akan melaksanakannya, kata Julian

Sebelumnya sebagaimana yang diberita HMINEWS.COM, Menurut sejarawan Asvi Warman Adam dalam memperingati hari kesaktian pancasila tidak perlu diadakan upacara, pasalnya tidak ada dasar hukumnya, Sebaliknya, menurut Asvi, Presiden harusnya mengadakan rekonsiliasi nasional atas peristiwa G30S/PKI di Istana Negara.