FAM UI Tolak Gelar Pahlawan Untuk Soeharto

HMINEWS.COM- Penolakan terhadap wacana pemberian gelar pahlawan bagi mantan Presiden Soeharto kembali datang dari kalangan mahasiswa. Front Aksi Mahasiswa (FAM) Universitas Indonesia (UI) mengaku menentang rencana tersebut meski belum akan menggelar aksi.

Humas FAM UI Hafiyah mengatakan, Soeharto tidak pantas menerima gelar pahlawan sebab banyak kasus kekerasan di masa Orde Baru, hingga kini belum tuntas. Bahkan, kata Hafiyah, mahasiswa menyebutnya sebagai penjahat Hak Asasi Manusia (HAM).

“Rencana aksi belum ada, tapi kami menolak rencana tersebut, pemberian gelar pahlawan sangat tidak pantas, Soeharto adalah penjahat HAM,” ujarnya kepada Okezone, Minggu (24/10/2010).

Hafiyah juga menyebut Soeharto sebagai pewaris korupsi dan kebobrokan di segala bidang di Indonesia. Sayangnya, kata Hafiyah, warisan kesalahan Soeharto juga tidak mampu diselesaikan oleh pemerintahan yang dipimpin presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Soeharto adalah pewaris kerajaan korupsi, banyak kasus tidak tuntas,” jelasnya.

FAM UI menyebutkan sejumlah kasus yang terjadi di masa orde baru adalah seperti tragedi 1965/66,  kasus 27 Juli, Kedung Ombo, dan kasus korupsi.[]okz/dni