illustrasi

HMINEWS.COM- Unjuk rasa di Makassar terjadi di sejumlah titik. Meski sempat terjadi pengrusakan, secara umum unjuk rasa di Makassar belangsung aman. “Kondisi Makassar aman. Tapi memang Unjukrasa siang tadi terjadi di sejumlah titik. Sekarang sudah kondusif,” ujar Kapolrestabes Makassar, Kombes Nur Samsul ketika dihubungi detikcom, Rabu (20/10/2010).

Unjuk rasa di Makassar antara lain terjadi di Depan Kampus UMI dan Universitas 45, Jl Urip Sumohardjo, di Jl Panakkukang, Jl Rappocini, di depan Kantor Bank Indonesia, Jl Jenderal Sudirman, dan di Depan Kampus Unhas, Jl Perintis Kemerdekaan.

Akibat aksi ini, sejumlah jalan protokol sempat mengalami kemacetan parah. Sebab, para pengunjukrasa melakukan penutupan jalan.

Di depan kampus Unhas, mahasiswa merusak 2 mobil plat merah yang lewat saat aksi berlangsung. Mereka memecahkan kaca dengan batu dan balok kayu, lalu menggulingkan mobil itu.

Mobil pertama adalah milik Dinas Kesehatan Sulbar dengan Nopol DC 208. Mobil kedua adalah Daihatsu Pick Up DD 8085 AB milik Dinas Perikanan Sulsel. Kedua mobil kaca depannya pecah.

Dari pantauan detikcom, demo hari ini di Makassar terkesan kurang penjagaan aparat polisi. Polisi hanya terlihat berjaga di beberapa titik saja. Namun hal ini dibantah oleh Nur Samsul.

“Siapa yang bilang kurang penjagaan, petugas kami sudah berjaga di semua titik,” ucapnya.

Samsul juga membantah jika ada pengrusakan mobil. “Dimana ada pengrusakan? kalau hanya gebrak-gebrak, itu biasalah,” katanya.[]detik/qi