Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Akan Turun Aksi

HMINEWS.COM- Memperingati hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober besok, organisasi2 kemahasiswaan terdiri dari PMII, PMKRI, HMI, IMM, dan GMNI sepakat untuk turun aksi secara nasional. Demikian sebagaimana dalam konferensi pers yg diselenggarakan hari ini (27/10) di sekretariat PMII Salemba Tengah, Jakarta.

Gusman dari PMKRI Menyampaikan bahwa rezin SBY telah gagal membawa ke arah yang lebih baik. “Kalo rezim gagal berarti mereka harus mengembalikan mandat kepada rakyat. Itu adalah konsekuensinya,” demikian kata Gusman.

Sementara itu ketua komisi politik PB HMI mengatakan bahwa selama rezim SBY ini kedaulatan bangsa sangat rendah. Terbukti dengan diplomasi luar negeri yang lemah. “Dengan Malaysia aja kita masih dipermainkan”, tukasinya.

Ridwan juga mengatakan bahwa bentuk kegagalan lain dari SBY adalah hilangnya rasa aman karena seringnya konflik horisontal yang terjadi. Hal ini dibenarkan oleh Zaini dari PMII, perasaan aman kini semakin tereduksi bukan hanya di daerah tetapi bahkan di Jakarta. “Dulu meskipun ada yang masih lemah secara ekonomi tetapi minimal kita masih punya rasa aman. Lha sekarang, rasa amanpun kita tidak punya,” katanya

Aksi tanggal 28 Oktober akan membawa empat tuntutan kepada pemerintah, yaitu: 1. Usir penjajah asing, 2. Turunkan harga, 3. Usut tuntas skandal Century, 4. Wujudkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu ketua komisi politik PB HMI mengatakan bahwa selama rezim SBY ini kedaulatan bangsa sangat rendah. Terbukti dengan diplomasi luar negeri yang lemah. “Dengan Malaysia aja kita masih dipermainkan”, tukasinya.[]jt/dni