Patrialis Akbar: Pemuda Jangan Jadi Pengekor

HMINEWS.COM- Dalam rangka merayakan hari Sumpah Pemuda ke-82, Kamis (28/10/2010), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar berpesan agar pemuda Indonesia berjuang menjadi pelopor di segala bidang, bukan menjadi pengekor.

Menurutnya, untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin berat, dibutuhkan pemuda yang kreatif dan inovatif. “Saya kira pemuda Indonesia tantangan kita semakin hari semakin berat. Masa depan sekarang betul-betul ditentukan kreativitas kita, oleh inovasi-inovasi yang betul-betul berdasarkan pikiran-pikiran yang sehat dan segar,” kata Patrialis seusai menghadiri diskusi di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Jakarta.

Jika ingin berperan aktif di tengah-tengah bangsa, kata Patrialis, pemuda Indonesia harus mampu memberdayakan diri sendiri. “Mengorangkan diri kita itu harus dari diri kita, bukan dari orang lain kalau memang kita ingin bangkit,” tambahnya.

Di hari Sumpah Pemuda ini, kata Patrialis, semestinya tiap warga negara melakukan refleksi kembali, menghayati secara mendalam keinginan bangsa untuk cinta damai. “Saya kira ini kesempatan kita untuk melakukan refleksi kembali. Bagaimana kita menghayati secara mendalam wujud keinginan kita untuk cinta damai sesama bangsa kita yang majemuk meskipun kita berbeda,” tutur Patrialis.

“Pokoknya selamat hari ulang tahun Sumpah Pemuda ke-82,” pungkasnya.(dni)