Pak JK

HMINEWS.COM- Saat melakukan silahturahmi dengan Dubes RI di Jordan, Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla menyatakan bahwa organisasinya (PMI) siap membantu Kedutaan Besar Indonesia di Jordania dalam  menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sekitar 300 orang Tenaga Kerja Wanita Indonesia di sana.

Bantuan tersebut diberikan berupa jaringannya PMI melalui  Bulan Sabit Merah Jordan. PMI pun bersedia untuk menyewa jasa pengacara (lawyer)  dalam  melakukan advokasi atau  penuntutan terhadap majikan yang nakal yang mengakibatkan para TKI terlantar dan tidak mendapatkan hak-haknya sebagai mana mestinya.

JK juga meminta Pak Dubesuntuk segera menyelesaikan persoalan ini secepatnya. Kalau Deplu tidak punya anggaran untuk lawyer, beritahu saya. PMI siap membantu, tetapi jangan sewa pengacara yang mahal-mahal,” kata Jusuf Kalla dalam acara silaturahim dengan masyarakat Indonesia di Wisma Indonesia di Amman, Jordan, Senin (18/10) malam atau Selasa dini hari waktu Indonesia.

Pertemuan dengan masyarakat Indonesia  yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan itu difasilitasi Duta Besar Indonesia untuk Jordan dan Palestina, Zaenulbahar Noor. Rencananya JK akan  berada di Amman untuk menghadiri pertemuan ke-8 Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se-Asia Pasifik.

Saat ini ada sekitar  300 orang TKW di Jordan yang kini ditampung KBRI dengan berbagai permasalahan dengan majikannya. Bahkan ada di antara mereka yang sudah ditampung selama enam bulan, namun persoalannya belum juga terselesaikan. Mereka tidak bisa pulang ke Indonesia karena tidak memiliki dokumen.

“Besok, (hari Selasa-Red) saya akan bertemu dengan Jordan Red Crescent. Nanti saya minta bantu kepada mereka  karena pekerja migran ini juga salah satu topik yang akan dibahas dalam konferensi. Ini persoalan kemanusiaan, jadi kita pakai jalur diplomasi kemanusiaan,”  katanya.

Sebelumnya, rombongan PMI yang dipimpin Jusuf Kalla menghadiri Pertemuan Tahunan Kemitraan ke-6  Bulan Sabit Merah Palestina (Palestine Red Crescent Society/PRCS)) di Al Bireh, 14-15 Oktober 2010.[]kompas/dni