Pemberantasan Korupsi, Rapor itu Merah Pa Beye

HMINEWS.COM- Setahun Pemerintahan Susilo Bamabang Yudhoyono  tidak banyak perubahan yang bisa menyenangkan rakyat, malah negara dituding makin korup, para elit negeri ini sibuk dengan kekuasaannya, kemiskinan dimana-mana pemuda desa tidak bekerja, susu tidak terbeli, harga-harga makin mencekik leher rakya. Corruption Watch (ICW) menilai Pemerintahan SBY-BOED telah  gagal melaksanakan agenda pemberantasan korupsi dalam setahun pertama.

“Banyak hal yang gagal, terutama agenda pemberantasan korupsi,” ujar peneliti bidang hukum ICW Donal Fariz kepada INILAH.COM, Jakarta, Rabu (20/10). Indikasi dari kegagalan tersebut yaitu terjadinya kriminalisasi dua pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dimana saat itu katanya, Presiden melalui Kejaksaan Agung dinilai mengeluarkan keputusan yang ambigu dalam menindaklanjuti hasil rekomendasi dari Tim Delapan. Di sisi lain, Jaksa Agung dinilai tidak mampu membenahi institusinya secara internal.

Tidak hanya Kejaksaan,  kinerja Kepolisian RI juga tidak berjalan dengan baik. Polri tidak mampu menangani kasus rekening tidak wajar sejumlah petingginya. “Reformasi internal Polri juga tidak terjadi,” terang Donal.

Donal juga menjelaskan sebenarnya, Lembaga Swadaya Masyarakat  pernah menggelar aksi supaya Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri untuk diganti. “Saya pikir lembaga pemerintah bidang hukum tidak ada kesuksesannya, justru banyak kelemahannya,” kata Donal.[]qian/inilah