Amien Rais

HMINEWS.COM- Rencana penjualan saham BUMN Kratau Steel yang ditenggarai penuh dengan misteri mendapat perlawanan keras dat Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Amien Rais. Amien melalui  partainya segera meledakkan kasus penjualan saham Krakatau Steel dengan harga murah ke pihak asing.

PAN, kata Amien, telah memiliki data-data terkait skandal tersebut. “PAN punya data Krakatau Steel lengkap. Selengkap (data mengenai) Bank Century,” kata Amien di sela-sela pelantikan pengurus DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (31/10/2010) di Yogyakarta.

Dikatakan Amien, data-data tersebut berada di tangan Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo. Jika penjualan saham tersebut berlangsung, Amien berpendapat, hal ini akan merugikan bangsa serta memperkaya bangsa asing. “Ini seperti Indosat. Dulu, (saham) Indosat dijual satu perlima dari harga sesungguhnya. Indosat diambil Singapura. Kita seperti bangsa dungu, bangsa yang agak tolol,” katanya.

Drajad, ketika dikonfirmasi, mengatakan, PAN akan mempertanyakan secara kritis terkait rencana penjualan saham tersebut, termasuk rumusan penentuan harga.

Drajad menilai, rencana ini tidak transparan. Ketika didesak kapan politisi PAN tersebut akan mengungkapkan data-data yang dimilikinya, Drajad tak menjawab tegas. “Saya akan konsultasikan dengan Pak Amien. Perintahnya baru tadi diumumkan,” katanya.[]kompas/dni