Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Sutarman

HMINEWS.COM- Dilantik sebagai Kapolda Baru Metro Jaya, Inspektur Jenderal Sutarman,  menegaskan tekadnya membasmi preman dari ibukota. Premanisme adalah penyakit masyarakat yang butuh penanganan tegas.

“Kami akan memproses semua pelanggaran hukum,” kata Sutarman. “Kami tidak pandang siapa, dari mana, kelompok mana, kalau memang terbukti melanggar hukum, tentu kami proses dan tangkap,” kata Sutarman usai serah terima jabatan sebagai Kapolda dari Komisaris Jenderal Timur Pradopo di Markas Polda, Jakarta, Kamis 7 Oktober 2010.

Akhir-akhir ini, aksi premanisme kian meresahkan masyarakat, dan menjadi tugas dan kewajiban polri untuk menertibkan premanisme. Premanisme bisa muncul karena merasa ada peluang. Pengamanan lingkungan masyarakat seharusnya menjadi tugas kepolisian, bukan menjadi peluang usaha preman, kata Sutiyoso, eks Gubernur DKI.

Sebagaimana yang diberitakan pada Rabu 29 September lalu, pecah tawuran antara dua geng di luar Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang sedang menyidangkan kasus pembunuhan di sebuah diskotik. Tawuran dua kelompok preman ini membuat tiga orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka.[]dni