Foto: Kompas

HMINEWS.COM- Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso menilai, sosok Mbah Maridjan merupakan tokoh fenomenal yang memegang teguh prinsipnya dalam bertugas. Kita harus Bangga dan  perlu berterima kasih atas dedikasi Mbah Maridjan selama ini yang telah mengabdikan dirinya untuk menjaga Merapi hingga Tuhan memanggilnya.

Priyo menilai Mbah Maridjan adalah citra murni dari orang biasa yang kemudian terangkat dan dikagumi prinsip-prinsipnya,” Saya bangga dengan Mbah Maridjan,  kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/10/2010).

Pilihan sikap yang dipilih Mbah Maridjan untuk bertahan di rumahnya, diyakini sebagai bentuk komitmen atas tugasnya menjaga Merapi. “Saya bangga beliau menepati janjinya menjaga Merapi sampai ajal.

Oleh karena itu Kita patut berterima kasih. Kita memberi apresiasi dan kita berutang budi pada beliau,” ujarnya.

Inilah untuk kedua kalinya Mbah Maridjan tetap tinggal di rumahnya walaupun merapi meletus. sebelumnya Pada Mei 2006 lalu, saat Merapi juga mengeluarkan awan panasnya, Mbah Maridjan juga menolak untuk dievakuasi. Baginya, menjaga Merapi hingga akhir hayat adalah bentuk komitmen atas kepercayaan yang diberikan Sri Sultan HB IX kepadanya untuk menjaga Merapi.(kompas/dni)