HMINEWS.COM

 Breaking News

Pemimpin Muslim AS Serukan Dukungan

September 21
11:27 2010

Demo mendukung pembangunan Masjid Park51 Dekat Ground Zero Manhattan, New York

HMINEWS.COM, NEW YORK – Senin (20/9), Para pemimpin Muslim-Amerika berkumpul bersama guna menyuarakan dukungan mereka bagi pembangunan masjid di Amerika dan lebih khusus untuk rencana pusat Islam dan masjid yang dikenal sebagai Park51 di dekat Ground Zero di Manhattan, New York.

Imam Al-Amin Abdul Latif, Presiden Dewan Pimpinan Islam Metropolitan New York, membaca sebuah pernyataan bersama di tangga lokasi Park51. “Kami mewakili hak konstitusional warga Muslim dan Amerika dari semua agama untuk membangun rumah ibadah di mana saja di negara kita sebagaimana diizinkan oleh undang-undang dan peraturan setempat,” kata Latif seperti dikutip CNN, Selasa.

Dia menambahkan, kelompok itu mewakili lebih dari 55 masjid dan organisasi Islam di New York City yang “berdiri menentang rasisme, kebencian, sikat tidak toleran atas dasar agama dan fanatisme etnis yang diarahkan terhadap Islam dan Muslim Amerika”. Pernyataan kelompok itu juga menyerukan dialog seminggu untuk membantu memerangi kefanatikan dan mempromosikan pemahaman dan toleransi agama dalam masyarakat sipil.

Latif mengatakan kepada wartawan bahwa sejumlah masjid di seluruh AS akan melakukan open house selama akhir pekan pada 22-24 Oktober untuk membantu orang-orang dari agama lain lebih memahami Islam dan umat Muslim.

Mahdi Bray, seorang pemimpin Muslim dari MAS Freedom, mengatakan, ia yakin pusat Islam di Park51 bisa dilihat sebagai simbol rekonsiliasi, simbol persatuan dan simbol saling menghormati. Dia menegaskan, “Tidak satu pun dari organisasi kami yang mampu memberikan uang ke proyek tersebut. (Namun) kami mendukung gagasan itu dan kami memberi dukung sosial dan politik di belakangnya.”

Para pengembang Park51 mengeluarkan sebuah pernyataan tertulis menyusul konferensi pers itu, untuk mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Muslim-Amerika atas dukungan mereka. “Komunitas kami tetap berkomitmen untuk membangun jembatan pemahaman bagi para tetangga kami, bagi kota kami dan bagi seluruh Amerika.

Park51 akan mewujudkan komitmen itu. Dengan demikian, tempat itu menyediakan layanan yang sangat dibutuhkan warga New York dari semua latar belakang yang tinggal dan bekerja di Lower Manhattan,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan pengembang Park51. []kompas/ham

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.