Bogor, HMINEWS – Tiga guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), yaitu Prof Dr Ir Sumardjo MS, Prof Dr Ir Erliza Hambali MSi serta Prof Dr Ir Ari Purbayanto MSc. akan melakukan orasi ilmiah bersama pada Sabtu besok (18/09/2010) di kampus IPB Darmaga.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Humas IPB, Henny Windarti Jumat di Bogor mengatakan, orasi ilmiah tiga guru besar IPB tersebut digagas berbarengan dengan pengukuhan anugerah tertinggi insan akademik di kampus IPB tersebut.

Prof Dr Sumardjo menyamaikan orasi ilmiah dengan judul “Penyuluhan menuju Pengembangan Kapital Manusia dan Kapital Sosial dalam Mewujudkan Kesehatan Rakyat.

Orasi ilmiah Prof Erliza Hambali mengetengahkan judul “Peran Teknologi Proses Agroindustri dalam Pengembangan Industri Hilir Kelapa Sawit.”

Ari Purbayanto menyampaikan orasi berjudul “Mewujudkan Teknologi Peningkatan Ikan Ramah Lingkungan untuk Keberlanjutan Perikanan Indonesia.”

Henny Windarti mengemukakan, orasi ilmiah ketiga profesor IPB yang diselenggarakan bersamaan merupakan tradisi baru yang dikembangkan oleh IPB.

Kebijakan penyelenggaraan orasi ilmiah dengan melibatkan tiga profesor secara bersamaan dimaksudkan untuk efesiensi serta peningkatan bobot orasi.

Selain itu, orasi ilmiah bersama juga memberikan nilai tambah lain bagi dunia akademik IPB berupa keragaman perspektif kajian ilmiah serta kekayaan “novely” atau kebaruan yang ditemukan dari riset yang dilakukan [] ANT/lk