Irjen Oegroseno Kapolda Sumatera disebut-sebut calon Kapolri

HMINEWS.COM- Bursa calon Kapolri mulai memanas. Nama-nama yang belakangan ini muncul telah mengerucut menjadi tiga. Nama tersebut disebut-sebut adalah Komjen Nanan Soekarna, Irjen Imam Soedjarwo, Kini muncul nama dari Cikeas yakni Irjen Oegroseno.

Belum lama ini Letnan Jenderal Marinir (purn) Suharto, mantan Komandan Jenderal Korps Marinir ini, menyebut nama Susno Duadji sebetulnya paling layak, namun karena ditahan maka bisa muncul nama Kapolda Sumatera Utara, Irjen Oegroseno.

Suharto menilai Ogroseno, mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu punya kualitas cukup baik setelah Susno. “Kalau saja Susno tidak ditahan, saya yakin kasus-kasus besar akan terungkap, termasuk kasus Century, Gayus, Antasari dan banyak lagi yang lain. Bahkan, karena data-data yang dimiliki Suno, Pilpres 2008 bisa batal demi hokum, JAdi selain Susno, maka Ogroseno bisa jadi calon alternative Kpolri,” tegasnya.

Muncul nama Ogroseno menjadi kuda hitam atas dua calon lain yakni Imam dan Nanan, yang kini dibayangi Ogro. Ini kejutan bagi  banyak pihak yang mengajukan nama Nanan dan Imam.

Calon Kapolri ke depan harus mampu melakukan perubahan pada semua aspek, khususnya dalam mengembalikan kepercayaan publik terhadap institusi Polri yang sudah bobrok. Pembersihan internal juga sangat penting. Selain itu, sosok pemimpin Polri yang baru harus bisa membuktikan kepada rakyat bahwa dia punya komitmen kuat untuk membersihkan institusinya dari segala bentuk korupsi yang selama ini menjadi sorotan di tubuh Polri. Oegroseno mungkin  mampu melakukan itu.

Sementara itu, mantan pemimpin redaksi The Jakarta Post, Endy Bayuni, menilai banyak kasus yang membuat tubuh Polri terguncang dengan krisis kepercayaan dan kredibilitas lembaga Polri dimata masyarakat saat ini. Endy mengatakan, sangat dibutuhkan sosok Kapolri yang mampu membenahi institusi hukum ini secara menyeluruh sehingga nama baik Polri akan kembali cemerlang dimata masyarakat.[]rima