HMINEWS.COM- Pemilihan langsung kepala daerah tidak jarang menghasilkan sesuatu yang unik. Seperti di Lampung. Belum lama ini, Aries Sandi Dharma Putra, anak kandung Bupati Tulang Bawang Abdurrahman Sarbini dilantik Gubernur Lampung Sjahroeddin menjadi bupati Pesawaran.

Aries Sandi dan Musiran dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Pesawaran setelah menang pilkada Juni lalu. Pasangan ini unggul dari enam kandidat lainnya. Karena baru jadi kabupaten definitif, Pesawaran belum punya kantor pemerintahan sehingga pelantikan dilakukan di aula Kecamatan Gedong Tataan.

Aries Sandi adalah bupati termuda di Provinsi Lampung yakni berusia 34 tahun dan termuda kedua se-Indonesia. Aries mengikuti jejak sang ayah yang bertugas di kabupaten berbeda. Boleh jadi ini baru pertama kali seorang putra bupati menjadi bupati pula di daerah lain.

Meski belum berpengalaman di pemerintahan, semangat, usia muda, serta bekal pengalaman dari keluarga jadi modal bagi Aries untuk membangun Pesawaran, kabupaten dengan luas 18 ribu kilometer persegi dan berpenduduk 390 ribu jiwa.

Meski bupati termuda, masyarakat tidak mempermasalahkan. Bagi warga yang penting kesejahteraan bisa meningkat. Aries Sandi pun bisa membuktikan kepada rakyatnya jika terpilihnya ia menjadi bupati tak sekadar menghasilkan dinasti politik lokal.[]lip6/ham