HMINEWS.COM

 Breaking News

Walah, Anggota DPR Belajar Pramuka ke Jepang dan Korsel

September 13
21:22 2010

Anggota Komisi X dari Partai Demokrat, Theresia E Pardede

HMINEWS.COM- Lagi-lagi Anggota DPR keluar negeri, kali ini disaat lebaran anggota DPR dari Komisi IV dan X bertolak ke beberapa negara melakukan kunjungan kerja demi merampungkan pembahasan RUU Holtikultura dan Pramuka, dimana Komisi IV berangkat ke Belanda, sedangkan Komisi X menuju Jepang, Korea Selatan, dan Afrika Selatan.

Theresia E Pardede, Anggota Komisi X dari Partai Demokrat  menjelaskan bahwa kepergian komisinya ke Jepang dan Korea Selatan adalah untuk melihat sistem gerakan pramuka mereka yang sukses. Sementara Afrika Selatan dipilih untuk melihat sistem gerakan pramuka yang berbeda dengan Jepang dan Korea Selatan.

Ia membantah kalau perjalanan dinas ini semata akal-akalan anggota dewan untuk keluar negeri. dimana Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari kerja anggota dewan. ‘’Ada di UU No 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD pasal 96 tentang tugas komisi,’’ sambungnya, Senin (13/9).

Merampungkan UU Pramuka juga dipandang Theresia, yang ditugaskan melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Korea Selatan, penting. Katanya, di bidang UU Pramuka Indonesia ketinggalan jauh dari Inggris, Malaysia, India, Singapura bahkan Pakistan yang memiliki UU khusus pramuka. Selama ini, dalam urusan pramuka, Indonesia hanya berpatokan pada Keppres warisan Bung Karno dengan nomor 238 terbitan tahun 1961.

Dikatakannya lagi, UU ini tidak semata membahas pramuka dari segi pelajaran tali-temali atau sandi morse. Manajemen pendidikan pramuka menjadi bahasan utama dalam RUU tersebut. Kunjungan kerja lantas diharapkan pula dapat membantu anggota dewan merumuskan pengaturan tentang pramuka yang lebih menarik kaum muda. []Republika/qian

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

1 Comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.