Mantan Kabareskrim Jenderal Susno Duadji Layak Jadi Kapolri (foto:Matanews)

HMINEWS.COM- Kenapa tidak Susno Duadji saja yang diajukan jadi Kapolri, yang jelas upayanya untuk memerangi korupsi meskipun saat ini ia sedang dikriminalkan. Demikian dikatakan Anggota Komisi III DPR RI Nudirman Munir di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga  mengatakan bahwa kalau bisa  calon Kapolri saat ini jangan hanya terpaku dua nama, yaitu Komjen Pol Nanan Sukarna dan Komjen Pol Imam Soedjarwo saja. Susno juga layak jadi Kapolri

Nudirman berharap Presiden berubah pikiran dengan mengusulkan lebih dari satu calon Kapolri. “Kalau hanya satu, DPR RI hanya jadi tukang stempel saja. Kalau lebih dari satu, tentu kami ada pembanding untunk mencari yang terbaik dari yang baik,” katanya.

Terkait dengan mencuatnya kabar kedekatan Komjen Imam Soedjarwo dengan keluarga Cikeas, menurut Nudirman itu bukan masalah utama karena nanti akan masuk ke Komisi III dan dalam fit and proper test kami akan mengkonfirmasi hal tersebut.

“Saya yakin Imam Soedjarwo punya kemampuan, Tapi kami bisa melihat apakah dalam perjalanan karier ada noda-noda hitam, pasti dalam fit and proper test nanti akan kelihatan,” katanya.

Dalam bursa calon Kapolri saat ini, ada dua nama yang mencuat yaitu Nanan Sukarna dan Imam Soedjarwo. Kedua nama itu saat ini sudah berada di tangan Presiden untuk selanjutnya diteruskan ke DPR RI.[]kompas/qian