SBY Gagal; Satu Juta Massa Menuntut SBY Mundur
SBY Gagal; Satu Juta Massa Menuntut SBY Mundur

HMINEWS.COM- Satu juta massa diharapkan turun ke jalanan memperingati enam tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono sekaligus mendesak SBY segera mundur dari jabatannya.

Hal itu dikatakan aktivis senior Petisi 28, Haris Rusli di Jakarta, Minggu (26/9). Ada empat tuntutan utama yang akan diajukan pada aksi yang rencananya digelar pada 20 Oktober mendatang. “Tuntutan utama kita, turunkan SBY, turunkan harga, usir penjajah-penjajah asing (perusahaan-perusahan neolib) dan usut tuntas skandal Century,” ujarnya.

Petisi 28 bersama lebih dari 10 organisasi massa seperti BEM se Indonesia, Federasi Serikat Petani Indonesia, Aliansi Buruh Mengunggat, Bendera dan lainnya mereka menggelar konpers evaluasi satu tahun pemerintahan SBY-Boediono dan merencanakan akan menggelar aksi besar-besaran untuk memperingati serta menurunkan SBY-Boediono yang dinilai gagal menjalankan pemerintahan.

“Satu juta massa di jalan, itu kekuatan kita, kita akan kepung dan kalau bisa duduki istana (presiden). Kita mau pemimpin pemerintahan saat ini jatuh, bangsa ini harus mandiri dan berdaulat,” sambung dia lagi.

Menurut dia, dua hal yang setidaknya menjadi alasan utama presiden harus turun adalah, pembiaran Presiden terhadap perusahan-perusahan asing yang terus mengambil keuntungan sumber daya alam dalam negeri dan kegagalan pemerintahan SBY dalam mengusut kasus Century.

Lebih lanjut kata dia, pada tanggal 28 September mendatang akan kembali menggelar pertemuan untuk mematangkan aksi di kantor LBH Indonesia di Jalan Diponegoro.[]rima/dni