HMINEWS.COM- Ketua Umum PB HMI, M Chozin Amirullah, mengusulkan agar kapolri baru yang terpilih nanti harus bisa membuktikan asal-muasal harta kekayaan yang dimilikinya dengan cara pembuktian terbalik. ”Kapolri harus membuktikan semua harta kekayaanya kepada masyarakat bahwa hartanya diperoleh dari cara-cara yang halal,” cetusnya di Jakarta, Selasa (21/9).

Hal ini menurut dia, sangat penting untuk memberikan rasa kepercayaan kepada masyarakat bahwa kapolri yang dilantik tersebut bersih dan memiliki integritas. Ia mengatakan, banyaknya kasus mafia hukum membuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan termasuk Polri turun. ”Masyarakat sulit percaya penegak hukum, inikan berbahaya,” katanya.

Ia menambahkan, kasus-kasus seperti rekening gendut pejabat Polri membuat masyarakat sangat pesimistis terhadap lembaga kepolisian. ”Dengan menunjukkan kebersihan diri pemimpinnya, ini akan menjadi momentum yang baik bagi reformasi di tubuh Polri,” tegasnya.

Menurut Chozin, tanpa adanya integritas dari pemimpinnya, maka lembaga kepolisian selamanya akan sulit untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. ”Dikhawatirkan justru mafia hukum terus merebak, soalnya tidak tahu lagi mana yang bersih dan tidak,” katanya.[]republika/dni