Ketua Komisi III DPR Benny K Harman (foto:tribunnews)

HMINEWS.COM- DPR terbukti masih nekad ke luar negeri dengan alasan studi banding. Kali ini Komisi III DPR berencana studi banding ke Inggris dan Kanada, rencananya besok mereka sudah berangkat.

Menurut Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman bahwa komisi III memutuskan untuk melakukan studi banding ke London dan Kanada dalam rangka menyempurnakan RUU Imigrasi. Kedua negara itu dipilih karena Inggris dan Kanada dipandang sangat modern dalam pengelolaan keimigrasian,” papar Benny seusai rapat internal Komisi III DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/9).

Rencananya Rombongan pertama  akan berangkat Selasa (22/9) ke London, Inggris dimana rombongan ini akan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin. Sedangkan rombongan kedua ke Kanada dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Tjatur Sapto Edy.

Benny menilai kalau  Kunjungan DPR ke Luar Negeri sangat penting agar tidak menjadi katak dalam tempurung. “Demokrasi itu memang mahal,” kata Benny menjawab biaya yang mahal dalam perjalanan ke Luar Negeri.

Apabila dalam kunjungan ini anggota DPR tidak bekerja  itu tugas publik untuk mengawasinya, tegas Benny

Rencananya sebanyak 10 orang anggota Komisi III serta ditambah 3 staf yang berasal dari Sekretariat Komisi III dan Kementerian Hukum dan HAM akan diberangkatkan ke Inggris.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR, Azis Syamsuddin mengatakan  selama di Inggris rombongan akan menginap di hotel dekat bandara dimana hotel tersebut tidak terlalu mewah.

“Kita akan menginap di hotel di dekat bandara, bukan hotel mewah, kok,” tegas Azis  kepada INILAH.COM, Jakarta, Senin (20/9).[]dni