Sibolga, HMINEWS.Com – Sudah lebih dari enam bulan, puluhan kepala desa dan sekretaris kepala desa di kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, hingga saat ini belum menerima gaji. Akibatnya, beberapa kepala desa di tidak mau mengikuti dan menjalankan roda pemerintahan di desanya masing-masing.

Hal ini terungkap, setelah beberapa kepala desa, mangkir dari rapat yang diadakan oleh Camat Sorkam, beberapa waktu yang lalu. Ketidakhadiran para kepala desa tersebut membuat rapat urung dilaksanakan. Para kepala desa, enggan datang memenuhi undangan rapat, karena hingga saat ini mereka belum menerima gaji mereka sebagai kepala desa selama lebih dari enam bulan.

Menurut salah seorang kepala desa yang ditemui tidak jauh dari kantor camat Sorkam, yang enggan disebutkan namanya mengatakan, bagaimana kita bekerja jika hak kita sebagai pelayan masyarakat tidak diberikan oleh pemerintah daerah. “sampai saat ini kita tidak tau, kenapa gaji kita belum turun”, ujarnya.

Ketika ditanya, apakah ini ada hubungannya dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, dengan singkat dia menjawab, “Jika ada maunya, seharusnya bilang sama kita, tapi jangan seperti ini, gaji kita tidak dibayar-bayar”, ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, gaji seluruh aparat pemerintahan daerah berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan Bupati atau walikota sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan APBD.[]adi