Laksmana Agus Suhartono - Panglima TNI Baru (foto: kaskus)
Laksmana Agus Suhartono Panglima TNI Baru (foto: kaskus.us)

HMINEWS.COM- Keputusan Komisi I DPR akhirnya menyepakati secara aklamasi Laksamana Agus Suhartono  menjadi Panglima TNI. Agus Suhartono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Djoko Santoso.

DPR menilai Laksamana Agus  dianggap memiliki kelayakan karean bebas dari rekening yang mencurigakan serta kejahatan dan pelanggaran HAM. Hal tersebut diperoleh DPR dari KPK dan Komnas HAM dalam uji kelayakan dan  kepatutan beberapa hari yang lalu.

Demikian hal tersebut dikatakan Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddik, saat menyampaikan laporan resmi Komisi I DPR dalam rapat Paripurna DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/9/2010).

“Menyetujui Laksamana Agus Suhartono menjadi Panglima TNI dan menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Djoko Santoso menjadi dari posisi Panglima TNI,” ujar  Mahfudz Siddik

Dengan dipilihnya Laksamana Agus,  DPR berharap   reformasi di internal TNI terus dilanjutkan. “Menuntaskan reformasi di TNI yang selama ini sudah berjalan dengan baik, membuat TNI makin efektif dengan seleksi dan perekrutan yang ketat,” terang Mahfudz.

Laksamana Agus diharapakan dapat menjaga netralitas TNI dari politik praktis serta tidak mengarahkan TNI untuk membantu kepentingan politik tertentu. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah TNI harus terus menjaga NKRI dan memberi atensi khusus terhadap daerah perbatasan, kata Mahfudz.[]dtk/dni