Maguire Mairead
Maguire Mairead

HMINEWS- Israel memang benar-benar diskrimintaif, bukan hanya terhadap warga Palestina, bahkan terhadap orang Eropa. Mairead Maguire, peraih Nobel Perdamaian tahun 1976 karena berhasil mengupayakan perdamaian di Irlandia Utara, ditolak masuk ke Israel.

Israel menolak Maguire karena keterlibatannya dalam kapal bantuan ke Gaza Juni lalu, demikian Menteri Luar Negeri Israel mengatakan, sebagaimana dikutip oleh media Irlandia www.irishcentral.com

Maguire ditangkap tahun lalu ketika dia bergabung dengan awak kapal MV Rachel Corrie dan mencoba mendobrak blokade Gaza.

Kali ini, Maguire ditolak masuk dan ditahan di Bandara David Ben Gurion ketika ia tiba dengan sebuah delegasi wanita yang merencanakan tur ke Yerusalem, Haifa, Nazaret, Ramallah, Hebron dan Bil’in.

Menurut kuasa hukum Maguire, Fatmeh El-Ajou, padahal tahun lalu, saat ditangkap bersama kapal bantuan Flotilla, otoritas Israel berjanji “tidak akan melarangnya untuk datang kembali ke Israel.” Jadi otoritas Israel sudah mengingkari janjinya sendiri. [] lara