Wakil Ketua DPR, Anis Matta : Presiden Jangan Hanya Meminta, Turun Langsung Dunk pak. (foto:kompas)

HMINEWS.COM- Presiden perlu turun langsung dalam menghadapi setiap gejolak yang terjadi di masyarakat, jangan lagi hanya bisa meminta dan menghimbau terkait kejadian dan bentrokan di beberapa wilayah di tanah air, karena bukan zamannya lagi.

Menurut  Wakil Ketua DPR,  Anis Matta terjadinya bentrokan di beberapa wilayah seperti di Tarakan dan di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena Polri disibukkan dengan urusan internal mereka sehingga lalai melakukan tugasnya. “Ada masalah internal di Kepolisian yakni adanya pemilihan Kapolri dan itu membuat mereka lalai dalam menjalankan tugasnya,” kata Anis Kamis (30/9/2010)

Anis menilai kalau kelompok yang melakukan kekerasan ini sebenarnya sudah teridentifikasi oleh polisi tapi terkesan ada pembiaran, jadi untuk menuntaskan itu bukan hal yang berat bagi polisi karena polisi sudah mengetahui kelompok-kelompok tersebut,” berapa banyak nyawa masyarakat yang hilang akibat kelalaian polisi, tanya Anis.

Anis meminta Kapolri sampai pada kesatuan yang paling rendah di jajaran Polri harus bertanggung jawab atas hilangnya nyawa masyarakat tersebut, jangan lagi polisi berkilah dengan selalu   menyalahkan masyarakat,” kata dia.

Kepada  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Anis mengatakan jangan hanya bisa meminta dan menghimbau terkait kejadian dan bentrokan di beberapa wilayah di tanah air. Karena sekarang bukan zamannya lagi untuk meminta, menghimbau, tapi presiden punya tool untuk memerintah, bahkan turun langsung menindak,” ujar Sekjen PKS itu.[]ant/ham