Bambang Soesatyo, anggota DPR Fraksi Golkar (foto ; republika.co.id)

HMINEWS.COM, Jakarta – Adanya gerakan 8.479 jaksa meminta Presiden SBY memilih Jaksa Agung mendatang dari kalangan internal menjadi tanda tanya bagi publik, ada apa dibalik semua ini dan siapa orang yang berada dibelakang gerakan tersebut?

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo menuding Jaksa Agung Hendarman Supandji berada di belakang gerakan itu, pasalnya Hendarman adalah  pimpinan tertingginya yang saat ini masih menjabat.

Bambang juga heran atas sikap hendarman, oleh karena itu saya pasti akan mempertanyakan hal ini pada Jaksa Agung di DPR nanti. Kenapa kejaksaan seperti ketakukan untuk menerima figur dari luar,” kata politikus Partai Golkar di gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (17/9/2010).

Sikap 8 ribu jaksa itu semakin menguatkan anggapan masyarakat bahwa Kejaksaan Agung misterius, dimana sikap para jaksa tersebut makin meneguhkan persepsi masyakat bahwa Kejaksaan Agung itu penuh misteri dan awan gelap, suatu hari nanti kebobrokan Kejaksaan Agung cepat atau lambat akan segera terbongkar,” kata Bambang.

Seperti diberitakan, meski menyerahkan sepenuhnya pemilihan Jaksa Agung kepada Presiden, Hendarman lebih sepakat kalau penggatinya dari kalangan internal karena dinilai lebih pengalaman. Saat ini Kejagung  telah menyerahkan 8 nama calon internal kepada Presiden tetapi sampai hari presiden belum menerima nama-nama tersebut. []ham