Marzuki Alie Ketua DPR (Foto : Antara)

HMINEWS.COM- Anggota Komisi IV dan X DPR  melakukan studi banding ke sejumlah negara, dimana  Komisi X berkunjung ke tiga negara, yakni Jepang, Korea Selatan dan Afrika Selatan. Kunjungan keluar negeri ini  bukan merupakan bentuk pemborosan terhadap anggaran melainkan pengabdian.

Demikian hal tersebut disampaikan ketua DPR, Marzuki Alie kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/9/2010). Marzuki juga sangat menyesalkan banyaknya tudingan dari sejumlah pihak yang menilai studi banding keluar negeri merupakan bentuk pemborosan anggara.

Marzuki menegaskan, studi banding diperlukan untuk membantu kerja legislator dalam penyusunan rancangan undang-undang (RUU), “Jangan melihat mereka keluar negeri sebagai pemborosan, tetapi kepergian mereka keluar negeri sebagai bentuk pengabdian dimana mereka butuh referensi untuk penyusunan undang-undang,” kata Marzuki.

Terkait dengan anggaran keluar negeri, Marzuki mengaku tidak tahu menahu. Itu urusan komisi yang bersangkutan kemudian diserahkan ke Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR. “Mereka hanya dapat uang harian dan transport, dan itu ada dalam anggaran,” kata Marzuki

Seperti diketahui, anggota Komisi IV dan X melakukan studi banding ke sejumlah negara. Komisi X berkunjung ke tiga negara, yakni Jepang, Korea Selatan dan Afrika Selatan. Di sana mereka akan mempelajari sistem kepramukaan yang nantinya akan menjadi pertimbangan dalam RUU Kepramukaan yang tengah digodok.[]oke/dni