Todung Mulya Lubis

HMINEWS.COM- Disebut-sebut sebagai calon Jaksa Agung, Todung Mulya Lubis hanya tersenyum manis menanggapi berita soal pencalonan dirinya sebagai Jaksa Agung dari kalangan eksternal. Namun Todung punya kriteria sendiri tentang Calon Jaksa Agung.  Berikut kriteria calon Jaksa Agung versi Todung Mulya Lubis.

Pertama harus berintegrasi tinggi,  terang Todung di sela-sela acara peluncuran situs www.srimulyani.net di hotel Nikko Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (30/9/2010).

Todung menilai Jaksa Agung  dituntut harus mengerti persoalan hukum dan memiliki jaringan yang kuat. Namun menurutnya hal itu bisa dibantu dengan staf yang handal.

“Tapi soal integritas itu tidak bisa dibantu oleh siapa pun. Makanya kalau tidak punya integritas bisa repot,” terangnya.

Saat ini, kata Todung Korps Adiyaksa sedang mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat. Kejaksaan sudah dipandang sebagai lembaga yang kotor, sehingga perlu figur calon Jaksa Agung yang bisa mengkounter pandangan itu dengan calon yang berintegritas tinggi dan ini penting untuk kejaksaan,” tegasnya.

Saat ditanya, siapa calon yang paling pantas menduduki kursi Adiyaksa 1,Todung pun enggan menjawab. “Soal siapa yang pantas, itu sepenuhnya hak prerogatif presiden. Yang jelas, mau dari internal atau eksternal dia harus memiliki integritas,” imbuhnya.[]dtk/dni