HMINEWS.COM- Polri telah resmi memisahkan struktur  Datasemen Khusus 88 Antiteror dari  Badan Reserse Kriminal Polri, kini  Densus 88  langsung berada di bawah Kepala Polri. Sebelumnya, Densus 88 Antiteror berada di bawah Bareskrim Polri bersama dengan Direktorat lain.

Hal tersebut dibenarkan Kadivhumas Polri, Brigjen Iskandar Hasan di Mabes Polri Jakarta Rabu (15/9/2010 ). “Hari ini sudah resmi dan sudah ditandatangani bapak Kapolri (Jenderal Bambang Hendarso Danuri),”ujarnya.

Keputusan ini Berdasarkan Perpres No 52 tahun 2010 tentang struktur baru dalam kepolisian. Densus 88 menjadi badan sendiri langsung dibawah kendali dan bertanggungjawab langsung pada Kapolri.

Iskandar mengatakan, selain itu, Kapolri juga menandatangani OTK atau organisasi tata kerja Polri yang baru. Rencananya, hari ini OTK itu akan disosialisasikan pihaknya. “Nanti akan ada presentasi,” kata Iskandar.

Sebelumnya, Kapolri sudah pernah mengumumkan rencana pemisahan Densus 88 Antiteror yang kini dipimpin Brigjen (Pol) Tito Karnavian. Menurut Kapolri, perubahan struktur di internal Polri  sesuai dengan Perpres Nomor 52 tahun 2010. Perubahan dalam Perpres ini meliputi perubahan struktur dan nama lembaga pada beberapa lembaga di Kepolisian.[]qian