Bambang Widjojanto (kiri) dan Busyro Muqoddas (Antara/Herka Yanis Pangaribowo)

HMINEWS.COM- Kalau tidak ada halangan rencananya hari ini Kamis (16/9/2010) 2 calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara pukul 11.00 WIB.

Dalam pertemuan tersebut keduanya akan didampingin Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Tidak tahu apa yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, menurut rencana tes uji kelayakan dan kepatutan terhadap  calon pimpinan KPK baru akan digelar pada awal Oktober 2010. Dimana kedua nama tersebut saat ini sudah ada ditangan DPR.

“Sudah masuk dua nama calon  pimpinan KPK. Kemungkinan di bulan Oktober. Jadwalnya rencananya sekitar minggu pertama di bulan 10,” kata anggota Komisi III DPR, Nasir Djamil kepada detikcom, Rabu (15/9/2010) malam.

Dalam tes uji kelayakan dan kepatutan keduanya akan dicerca dengan pertanyaan seputar pemberantasan korupsi, dimana mereka akan dimintai keterangan tentang tema-tema tertentu yang selama ini menjadi ranah KPK.

Proses ini rencananya hanya akan memakan waktu selama satu hari. Diharapkan, pada akhir Oktober mendatang, sudah ada pimpinan baru di KPK

Terkait soal masa jabatan, Nasir kembali menegaskan bahwa dua calon tersebut hanya akan duduk selama satu tahun saja. Alasannya, siapa pun yang terpilih hanya akan menggantikan posisi Antasari Azhar. Hanya sampai 2011. Kita nggak bisa menambah-nambah lagi. Tidak ada ruang untuk berdebat di situ,  tegasnya. []ham