Menteri Agama, Suryadharma Ali (Foto : jurnalhaji.com)

Jakarta, HMINEWS.COM-  Insyaallah Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah kemungkinan akan jatuh pada  hari Jumat ini tepatnya 10 September 2010. Tetapi keputusannya baru akan diambil dalam sidang Itsbat di Kementerian Agama.

Demikian dikatakan Menteri Agama Suryadharma Ali usai rapat mengenai pendidikan di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/9/).

Menurut Suryadharma, besok 8 September, keberadaan hilal masih di bawah minus 2 derajat, sehingga belum terlihat. Karena itu, ibadah puasa digenapkan menjadi 30 hari sampai tanggal 9 September. Dengan demikian, tanggal 10 Lebaran-nya.

Sidang itsbat sendiri akan digelar pada Rabu 8 September mulai pukul 17.00 WIB, dimana sidang penentuan tanggal Hari Raya Idul Fitri itu akan digelar di Kementerian Agama.

Ketika ditanya Bagaimana dengan masyarakat yang mendahului Lebaran. Suryadharma tidak mempermasalahkan hal tersebut, karena mereka biasanya memakai perhitungan sendiri, Jadi untuk sementara ini kita memberi kebebasan tergantung bagaimana cara mereka menghitungnya,” Kata Suryadharma yang juga ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini.

Sementara itu MUI memperkirakan  kalau tahun ini,  1 Syawal akan jatuh di hari yang sama, artinya tidak akan ada perbedaan.

“Kami menduga 1 Syawal tahun ini akan sama semua. Insya Allah, tidak ada perbedaan,” ujar Ketua MUI Ma’ruf Amin saat jumpa pers di Gedung MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (7/9/).

Oleh karena itu “MUI mengimbau apabila terjadi perbedaan waktu hari Raya Idul Fitri agar tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain. [] Detik/dni