Demo umat Islam mengecam kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan Jyllands-Posten Beberapa waktu yang lalu

HMINEWS.COM, KOPENHAGEN– Sudah ditentang secara besar-besaran oleh dunia khusunya umat muslim dunia terkait penerbitan Kartun Nabi Muhammad yang dilakukan oleh   Surat kabar Denmark Jyllands-Posten. Hal ini menunjukkan  seakan-akan surat kabar tersebut  tidak pernah bosan untuk menghina umat Islam. Bagaimana tidak, Mereka berniat mencetak ulang buku kartun tentang Nabi Muhammad yang pernah menimbulkan kontroversi di  seluruh dunia beberapa tahun lalu.

”Buku ini segera keluar seperti yang direncanakan,” ujar Karsten Blauert dari Jyllands-Posten kepada AFP. ‘Tirani kesunyian’ yang dikeluarkan Kamis, lima tahun sejak  pertama kali kartun Nabi Muhammad muncul di koran Jyllands-Posten.

Meskipun tidak akan mencetak ulang gambar secara terpisah, Blauert mengatakan, isi halaman dari buku itu akan menampilkan gambar-gambar kartun Nabi Muhammad yang pernah dimuat surat kabar itu.

Ditanya mengenai reaksi keras yang bisa muncul dari penerbitan ulang buku ini, dia tampaknya meremehkan protes tersebut. Anehnya Dia berkata, ”Sudah jelas bahwa banyak hal yang akan terjadi, tapi semuanya sudah berjalan sesuai rencana, itu tak akan mengubahnya.”

Perlu diketahui buku ini dibuat oleh Flemming Rose, redaktur budaya Jyllands-Posten. Dia lah yang mengeditor 12 kartun Nabi Muhammad di halaman depan koran itu pada 30 September 2005. Akibat pemuatan kartun itu, Muslim di seluruh dunia mengecam koran itu dan menyesalkan Denmark yang membiarkan hal itu terjadi.[]rep/qian