Jakarta, HMINEWS.Com – Pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang lebih populer disebut Ospek sudah terlihat dilaksanakan oleh beberapa universitas dalam minggu-minggu ini. Waktu pelaksanaan Ospek relatif tidak bersamaan sesuai kebijakan yang diambil masing-masing universitas. Akan tetapi tujuan dari ospek sebagai ajang pengenalan kampus, seperti justru membebani mahasiswa baru, karena harus menyiapkan pernak-pernik yang di wajibkan oleh panitia pelaksana ospek.

Dari pantauan hminews di beberapa universitas yang ada di Jakarta, ospek yang diadakan masih sama bentuknya dengan ospek yang dilakukan di sekolah-sekolah menengah. Mahasiswa diwajibkan untuk membawa alat-alat yang secara substansi tidak mempunyai hubungan dengan aktivitas kampus. Mahasiswa baru terlihat memakai pernak-pernik yang sangat banyak di tubuhnya saat memasuki gerbang kampus. Ketika di konfirmasi ke salah satu mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang sedang melaksanakan ospek, dengan spontan dia menjawab, “ini kewajiban mas, jika tidak akan dikenakan sanksi” ujarnya sambil berlalu. Hal yang sampir sama juga terlihat di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid.

Pelaksanaan ospek yang seharusnya menjadi ajang perkenalan civitas akademika kampus, justru menjadi hal yang membebani mahasiswa baru. Mahasiswa dengan susah payah harus menyiapkan segala pernak-pernik yang harus disiapkan jika tidak ingin mendapat sanksi dari panitia pelaksana ospek.

Dalam sebuah tulisannya, Hendra Sugiantoro, aktivis Forum Kajian Sosial dan Pendidikan, mengatakan, dilihat dari substansinya, pelaksanaan Ospek bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus dan iklim belajar di perguruan tinggi. Hal ini penting karena kondisi di jenjang pendidikan menengah diasumsikan berbeda dengan kondisi di kampus. Pola belajar di universitas sedikit banyak memiliki perbedaan dibandingkan dengan pola belajar di sekolah menengah. Untuk itulah, Ospek dijadikan salah satu sarana yang dinilai efektif agar mahasiswa baru benar-benar siap terjun dan menyelami dunia kampus[]adi