Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Di Bidang Laser, Selamat!

Jepang, HMINEWS- Ali Khumaeni, seorang mahasiswa Indonesia yang saat ini belajar di Fukui University di Jepang, menerima penghargaan tertinggi di sebuah konferensi internasional pada 17 September untuk terobosannya di bidang spektroskopi laser plasma.

Ia menerima penghargaan untuk makalah terbaik pada Konferensi Internasional ke-6 pada Laser-Induced Breakdown Spectroscopy yang diadakan di Memphis, Tennessee. Konferensi ini merupakan yang terbesar di bidang spektroskopi laser plasma, dan diadakan setiap dua tahun.

Ali, 27, mengatakan bahwa banyak industri mengalami kesulitan menggunakan teknologi laser plasma untuk analisis bubuk. “Setelah bubuk terkena laser, materi yang akan hancur, sehingga atom tidak dapat dianalisis, tetapi penelitian saya telah menemukan cara untuk menggunakan laser dengan benar tanpa merusak materi atom,” kata Ali. “Sekarang kita dapat menganalisis, misalnya, kandungan kalsium dalam susu bubuk atau partikel terkecil di bubuk.”

Lahir di Kendal, Jawa Tengah, Ali mengatakan bahwa dia tidak pernah membayangkan ia akan memiliki kesempatan untuk belajar di Jepang.

“Saya seorang anak desa. Tempat kelahiran saya di Kendal, adalah sebuah daerah terpencil di Jawa Tengah. Aku tinggal di sana sampai saya lulus dari SMA karena saya harus membantu pekerjaan orang tua saya. Kami bukan keluarga kaya, “katanya.

Dia pertama kali meninggalkan rumah untuk belajar di Universitas Diponegoro di Semarang, ibukota Jawa Tengah.

“Saya belajar fisika dan saya diberkati oleh dosen luar biasa yang mengilhami saya untuk mengejar pendidikan tinggi di sini [di Jepang],” katanya.

Pada tahun 2007, ia menerima beasiswa dari pemerintah Jepang untuk belajar di Universitas Fukui.

Ali mengatakan ia akan tinggal di Jepang selama tiga sampai empat tahun sampai dia menerima gelar PhD dalam fisika.

“Segera setelah saya menyelesaikan program PhD saya, saya akan pulang ke Indonesia dan melihat orang tua saya lagi di desa itu sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya,” katanya.[]lara/qian