Jakarta,HMINEWS.COM- Panitia Seleksi Pimpinan KPK bersama Indonesia Corruption Watch  (ICW) dan Masyarakat Peradilan Indonesia (MAPI) mulai menelusuri  rekam jejak 7 Calon Pimpinan KPK.

Ketua Pansel, Patrialis Akbar mengatakan akan melakukan kerja sama dengan ICW dan MAPI dalam menelusuri rekam jejak 7 calon pimpinan KPK, kerja sama ini sangat di butuhkan, karena hasil dari kerjasama ini akan menjadi masukan yang berharga bagi panitia seleksi dalam menentukan calon pimpinan KPK kedepan, insyaallah hari ini kami akan kirim surat ke ICW dan MAPI, demikian dikatakan Patrialis Jumat (6/8/2010) di Jakarta.

Tujuh orang yang lolos untuk tahap wawancara adalah Bambamg Widjojanto, Chairul Rasyid, Sutan Bagindo Fahmi, I Wayan Sudirta, Jimly Assdiqie, Meli Darsa, dan M Busyro Muqoddas.

Berikut adalah profil singkat Calon Pimpinan KPK sebagai mana yang di lansir inilah.com Jumat (6/8/10) :

M Busyro Muqoddas adalah Ketua Komisi Yudisial (KY), dan tercatat sebagai penasihat PP Muhammadiyah

Bambang Widjojanto adalah eks Ketua Dewan Pengurus YLBHI. Dia menjadi pengacara pimpinan KPK Bibit dan Chandra saat menghadapi kasus pemerasan yang kemudian dihentikan oleh Kejaksaan Agung.

Chairul Rasyid bakal calon dari kalangan Polri. Inspektur Jendral (Purn) Chaerul Rasjid. Sebelum mencalonkan sebagai Ketua KPK, Chaerul pernah menjajal untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah namun gagal sebelum mendaftarkan diri ke KPU.

Sutan Bagindo Fahmi pernah menjadi asisten pidana khusus Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara. Jaksa ini, pernah mendapatkan sanksi disiplin organisasi saat menangani kasus Adelin Lis.

I Wayan Sudirta adalah satu-satunya bakal calon yang lolos ke tahap ini dari kalangan politisi. Ia adalah anggota DPD RI. Ia sempat bergabung dalam beberapa organisasi masyrakat anti korupsi.

Jimly Assdiqie mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini terakhir menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Meli Darsa calon dari kalangan akademisi. Ia adalah advokat lulusan Harvard Law School

Dari 7 nama calon pimpinan KPK, yang layak untuk memimpin KPK adalah Busyro Muqoddas, hal ini didasarkan pada integritas, pengalaman serta keilmuan yang di milikinya, secara moral dan integritas, pak busyro lebih dapat di andalkan, lihat saja pengalaman serta prestasinya selama memimpin Komisi Yudisial, demikian dikatakan Hamdani dari Himpunan Anak Muda Indoneisa (HIMA) Jumat (6/8/10) di Jakarta

Hal yang sama juga pernah dikatakan anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Acmad Sentosa.”Saya mengusulkan Busyro Muqoddas, dialah orang yang matang, dialah orang yang berani jihad melawan korupsi, relatif tanpa cacat, bisa bergerak leluasa,” kata Mas Achmad  (30/5) seperti di kutip Republika.co.id.

Busyro memiliki kapasitas keilmuan yang memadai. “Selain itu, dia juga praktisi hukum,” Busyro  pernah di posisi Ketua KY, sehingga hal itu tidak akan membuatnya rikuh ketika memimpin KPK, kata Mas Achmad.[]qian