HMINEWS.COM- Sungguh sesuatu yang berada di luar dugaan Panitia Lomba Penulisan Esai, bahwa sosialisasi terkait diadakannya lomba penulisan esai tentang Hak Asasi Manusia (HAM) mendapatkan banyak respon dan tanggapan dari berbagai daerah di luar Jabodetabek. Secara umum, respon tersebut hadir dalam bentuk beberapa pertanyaan dasar seperti: “Mengapa festival penulisan esai ini hanya diadakan untuk siswa SMA dan mahasiswa S-1 di Jabodetabek saja?” dan atau “Mengapa tak ada sosialisasi tentang diadakannya lomba penulisan esai ini ke daerah-daerah di luar Jabodetabek?” Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas kemudian pada akhirnya menggiring Panitia Bersama Lomba Penulisan Esai untuk mengadakan rapat pada hari Rabu 28 Juli 2010 di kantor PEC yang menjadi sekretariat KKPK.

Rapat panitia tersebut dikhususkan untuk membahas persoalan di atas. Tentang keinginan kami dari Panitia dan kawan-kawan KKPK untuk kemudian merespon balik, apresiasi positif yang muncul terkait dengan pelaksanaan Festival Penulisan Esai “Kekerasan, Perdamaian dan Keindonesiaan”. Kami menyadari bahwa sungguh amat tak baik jika mengabaikan inisiatif dan partisipasi yang meluas untuk mendukung kampanye massif terkait upaya penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Oleh sebab itu, sesuai dengan hasil rapat panitia tertanggal Rabu 28 Juli 210 maka diputuskan untuk kemudian mengakomodasi keinginan  jangkauan festival penulisan esai ini diperluas. Atau dengan bahasa lain, meng-upgrade skala lomba Festival Penulisan Esai “Kekerasan, Perdamaian dan Keindonesiaan” menjadi Festival Esai Berskala Nasional.

Hal ini menimbulkan konsekuensi logis tentang deadline batas akhir penerimaan esai yang semestinya jatuh pada tanggal 2 Agustus 2010, yang akhirnya diundur menjadi 10 Oktober 2010. Besar harapan kami, perubahan jadwal ini dapat menjadi suntikan semangat bagi kawan-kawan pelajar dan mahasiswa sekalian untuk kemudian segera mengirimkan esainya sebelum batas waktu penerimaan esai ditutup. Kami juga dari panitia mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan yang sudah terlebih dahulu mengirimkan naskah tulisannya sekaligus memohon maaf atas kejadian ini. Tapi kami yakin, bahwa meluasnya jangkauan lomba ini tentu akan menjadi tantangan yang lebih menarik untuk kawan-kawan sekalian dalam usahanya untuk mengirimkan naskah terbaiknya kepada Panitia. []dni